Jembatan Timbang : Pengertian dan Fungsinya

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

 

PENGERTIAN JEMBATAN TIMBANG

Jembatan timbang adalah seperangkat alat untuk menimbang kendaraan barang/truk yang dapat dipasang secara tetap atau alat yang dapat dipindah-pindahkan (portable) yang digunakan untuk mengetahui berat kendaraan beserta muatannya digunakan untuk pengawasan jalan ataupun untuk mengukur besarnya muatan pada industri, pelabuhan ataupun pertanian. Sebenarnya istilah yang benar adalah Timbangan Jembatan. Informasi dan Pelayanan Jembatan Timbang baru.

 

FUNGSI JEMBATAN TIMBANG

Fungsi pemantauan

Hal ini dilakukan untuk melihat gelagat atau tren lalu-lintas angkutan barang dan kelebihan muatan. Tentu saja dengan perkembangan yang pesat jenis kendaraan, maka jembatan timbang yang lama tidak mampu lagi memantau lalu lintas angkutan barang dewasa ini, karena jembatan timbang lama memiliki kapasitas rendah dan timbangan yang pendek.

 

Fungsi pengawasan

Lalu-lintas angkutan barang perlu diawasi tonasenya dan jenis barangnya, agar Pemerintah dapat mengawasi permintaan dan penawaran dari barang tersebut.

 

Fungsi penindakan

Tiap jalur atau ruas jalan mempunyai kelas jalan, yang berarti kemampuan daya dukung jalan berdasarkan Keputusan Menteri. Untuk menjaga kerusakan jalan perlu dilakukan penindakan berdasarkan berat tonase yang diijinkan, berikut toleransinya, di mana kendaraan bermotor tidak boleh melebihi muatan, pada jaringan jalan masing-masing pulau berikut ini. Dengan ketentuan ini, maka kendaraan yang melebihi muatan akan ditindak sesuai dengan ketetntuan yang berlaku.

 

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_timbang

Citra Garden BMW D1 No.22, Wanayasa, Kec. Kramatwatu, Kabupaten Serang Banten 42161 
(+62) 254 231 181
(+62) 254 8235 061
(+62) 881-0817-79779

 

           

 

 

Spesialis Timbangan Elektronik, Alat Pengukur, Peralatan Laboratorium, Perbaikan dan Sertifikasi ISO 9001 – ISO 17025

Perusahaan Timbangan terbaik dan terintegrasi.
Kami bertekad memberikan Pelayanan produk dan jasa bagi para customer kami.